Senin, 20 April 2009

Raup ratusan juta rupiah dengan blog!

Fuuuuuntastik! Itulah kata yang keluar dari mulut saya setelah mendengar penuturan Asri Tadda, owner dari Astamedia Group, holding company untuk beberapa perusahaan yang bergerak dibidang 'marketing online' yang berbasis di Makasar, 14 April 2009 lalu.

Sungguh tidak dinyana, hanya dengan nge-blog atau blogging, duduk mematut diri di depan laptop sambil memainkan mouse, mampu menghasilkan uang hingga ratusan juta perbulannya. Dibenak saya, pendapatan sebesar itu, hanyalah milik direksi BUMN yang kerjanya pasti super super sibuk.

Bermula dari kegemarannya menulis artikel di media massa sejak kuliah, dokter lulusan Universitas Hasanuddin yang berusia 28 tahun ini, mengakrabi dunia maya dan menghasilkan uang yang cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat. Banyak tulisan Asri yang dimuat media massa seperti Harian Fajar sejak masih menjadi mahasiswa.Tulisannya terutama mengenai kesehatan dan seputar dunia kedokteran.Menjamurnya internet di tahun 2000-an membuat Asri menemukan sarana untuk menyalurkan hoby nya dengan membuat blog. Blog inilah cikal bakal berdirinya Astamedia Group.

Wirausaha Muda Mandiri
Kedatangan saya dan tim dari metro TV berkaitan dengan shooting program TV Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang sudah ditayangkan sejak November 2008 lalu. Program TV ini dibuat untuk mendukung aktivitas CSR bank Mandiri, Program Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri. Kebetulan untuk episode kali ini, Asri Tadda nara sumbernya, salah satu pemenang program penghargaan WMM 2008.

Seperti pada shooting di kota kota sebelumnya, Surabaya, Yogya, Bandung, Jakarta dan Batam, kami langsung melakukan casting mahasiswa yang akan mendampingi narasumber dan host Artika Sari Devi saat shooting. Kampus yang kami datangi adalah Universitas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makasar.Dari casting yang diikuti sekitar 30 mahasiswa Unhas dan 20 mahasiswa UNM tersebut, terpilihlah : Hanca, Iyustika dan Niar, menjadi 'talent' mahasiswa nya.

Shooting Day
Jam baru menunjukan pukul 09.30 wita pagi itu, tapi Makasar sudah sangat terik sekali, kami tiba di kantor Astamedia Group, Jl Perintis Kemerdekaan Makasar. Sampai disana, saya lihat sudah ada beberapa orang 'blogger' yang sedang asik dibalik laptopnya, ditemani segelas kopi panas khas Blogger Cafe. Kerjaan para blogser memang 24 jam, dari pagi bisa sampai pagi lagi. Makanya, pelayan cafe dibagi menjadi 3 sift jam kerja...

Shooting hari pertama dimulai, pada segmen ini Artika bertemu dengan para mahasiswa dan kemudian bertemu dengan Asri di Blogger Cafe. Asri menjelaskan seluk beluk bisnis dan pengalamannya membangun Astamedia, mulai dari nol hingga menjadi seperti sekarang ini. Asri sangat komunikatif, dia sangat antusias menjelaskan bisnisnya kepada Artika dan para mahasiswa. Pertanyaan mahasiswa dan Artika dijawab dengan jelas dan gamblang. Shooting berjalan lancar..." Saya sangat terinspirasi sekali dengan kak Asri,'kata Iyustika, talent mahasiswa diakhir shooting.

Kira kira menjelang sore, shooting di segmen 1 selesai, kemudian kami lanjutkan ke segmen 2 di lantai 2. Pada segmen ini, Asri banyak bercerita mengenai Blogger School. Menurut Asri, ini adalah sekolah blogger pertama di Indonesia, yang akan menciptakan blogger-blogger profesional di masa yang akan datang.

Opening segmen 2 dimulai dengan adegan para mahasiswa meninjau kelas di Blogger School. Di dalam kelas, para mahasiswa mengikuti kuliah mengenai blog dan dunianya, disampaikan langsung oleh Asri Tadda. Sesekali tanya jawab mengenai blog, blogger, pay pall sampai transactions terdengar dari ruang kelas.

Saat shooting " story telling "mahasiswa di ruang kerja Asri, ada kejadian yang tidak diinginkan. Tiba tiba listrik mati. Daya listrik Blogger Cafe tidak kuat menahan beban lighting dan camera kru. Dalam beberapa menit, Blogger Cafe, Blogger School... gelap gulita. Saat kejadian jam menunjukan pukul 19.00 wita malam. Terpaksa shooting tertunda.
Lalu dengan pengalaman dan kesigapan soal lighting, mas Adi, salah seorang kru metro tv, memperbaiki kabel yang terbakar. Tak lama kemudian shooting dilajutkan dan berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, saya sempat bertanya tanya, dari mana uang sebanyak itu diperoleh hanya dengan menjadi blogger? Ternyata, uang yang diporoleh dari iklan/Advertising, Link, Articles, dan Marketing on line. yang dimuat didalam blog kita.Makin sering blog kita di- click, makin besar uang masuk ke kocek kita...Ahhh sesimpel itu?? Ternyata tidak! Asri mengatakan bahwa untuk membuat blog, me-mantainance-nya menjadi blog profesional, diperlukan kegigihan, ketekunan, keuletan dan yang terpenting kejujuran. Kejujuran menjadi dasar utama jika ingin menjadi seorang wirausahawan yang berhasil.

Keinginan untuk berbagilah yang melatarbelakangi Asri mendirikan sekolah blogger nya. Ia ingin berbagi ilmu dengan generasi muda, terutama para mahasiswa untuk segera mendapatkan penghasilan.
Ia ingin membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran, yang setiap tahun jumlahnya semakin meningkat.

Shooting untuk segmen terakhir, dilakukan keesokan harinya di lantai 3 kantor Astamedia Group. Pada segmen ini, mahasiswa langsung mempraktekan cara membuat blog. " ...ternyata tidak terlalu sulit untuk membuat blog..., yang agak sulit, mungkin membuatnya menjadi profesional dan mandatangkan uang...' ujar salah seorang mahasiswa seusai shooting. Seperti kata Asri diawal shooting .." Kalau Saya Bisa, Anda Juga Bisa!!" Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita bikin blog!!

5 komentar:

Veeze Beck's mengatakan...

ternyata untuk menjadi berhasil secara materi, tidak harus menjadi direktur...banyak jalan menuju roma, yang penting liat peluang, jalankan dengan profesional, konsisten dan jujur tidak boleh dilupakan begitu kalau melihat inti dari berhasilnya empunya sekolah blogger ini.
Nice article sob, thank you.

tentang RITA mengatakan...

inspiratif....WMM adalah tayangan yang memberi inspirasi dan semangat bagi kita yang ingin menjadi wirausaha. Apapun jenis usaha yang ingin digeluti yang utama menurut saya adalah kenali dimana bakat dan kemampuan kita, semangat pantang menyerah, konsisten dan kejujuran.

Unknown mengatakan...

Patut diteladani acara wmm mengingat sempitnya lapangan pekerjaan di negara kita ini sebab itu acara wmm dapat menjadi inspirator baghi semua kalangan keep on going and looking forward bro from citra tumbuh lestari

Anonim mengatakan...

Hallo Akang Doni,
Kumaha kabarnya, yang terpenting jadi orang sukses tidak selalu jadi orang besar. Intinya disiplin, tidak putus asa, semangat, berpikir kreatif dan inovatif. Ingat jangan besar hati dan tinggi hati karena manusia tidak ada yang sempurna. Kalau saya punya prinsip smart to small and big to think, trims.
Ingat selalu ingat sayaaaaaa.
Kucium semua mana Kang Don, Fauzi,
Nana, Dll. Salam Semuanya tidak bisa kusebut satu-persatu. Dah Ronald Budiman Tedja trimssss...... Dahhhhh..........

Anonim mengatakan...

saya setuju

salam kenal Mas doni